Pages

Ads 468x60px

Jumat, 23 Mei 2014

SURDAM



Jenis musik  surdam mempunyai beberapa jenis yang ada pada masyarakat karo yaitu :
A.   Surdam punting
B.   Surdam rumamis
C.   Surdam tangko kuda

A.   Surdam Puntung
Surdam puntung terbuat dari satu ruas bambu yang diukir, dan mempunyai lobang nada berjumlah enam buah. Mempunyai tangga nada mayor dan minor. Surdam ini biasanya dipakai seorang secara solo, pada malam hari oleh anak lajang ketika mau menjenguk pacarnya. Juga dipakai oleh pengembala sapi pada waktu mengembala sapinya, dan dapat dimainkan dengan ansambel musik gendang keteng-keteng.


B.   Surdam rumamis
Surdam rumamis terbuat dari seruas bambu yang ukurannya kira-kira sebesar ibu jari tangan dan panjangnya satu hasta. Surdam rumamis mempunyai lima buah lobang nada ditambah satu lubang tuldak yang berbentuk segi tiga. Hanya mempunyai tangga nada minor, dan hanya dapat memainkan lagu tangis-tangis guru saja. Alat musik ini dimainkan hanya solo tidak ada group musik ini.

C.   Surdam tangko kuda
Surdam ini terbuat dari bambu yang ukuran ruasnya kira-kira 90 cm dan mempunyai lobang nada lima buah, dan satu buah lobang nada dari lima buah tadi dimainkan dengan ibu jari kaki kiri. Lagu yang di mainkan hanya lagu tangis tangis saja, Dari namanya, ada kisah cerita sedikit. Menjelang pagi ada seseorang yang ingin mencuri seekor kuda, karena mendengar lagu-lagu yang dilantunkan oleh seorang penurdam, sakin enaknya rasa pencuri ini tadi dia merasa terharu, sehingga hari sudah terang, kuda pun tidak jadi dicuri. Alat musik ini hanya dapat dimainkan solo, tidak pernah ada  klompok musiknya.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates