Pages

Ads 468x60px

Minggu, 25 Mei 2014

ALAT MUSIK DIPUKUL



1.    Keteng-keteng
Keteng-keteng adalah alat musik yang terbuat dari satu ruas bambu yang ukuran diameter bambunya kira 22 cm hingga 24 cm dan panjangnya kira-kira 80 cm hingga 95 cm. Instrument musik keteng-keteng, mempunyai tali senar yang dicongkel dari badan bambu itu sendiri. Jumlah tali senar yang di congkel ada 2 dan diberikan lobang nada gung di tengah bambu tersebut.


2.    Mangkok
Alat musik mangkok  terbuat dari batu (keramik) yang dalam ansamble musik keteng-keteng berfungsi untuk menguatkan suara penganak di dalam keteng-keteng hanya itu.

3.    Gung
Alat musik Gung terbuat dari perunggu, alat musik ini dimainkan dalam ansambel musik Gendang telu sedalanaen lima sada perarih berfungsi untuk mengakhiri satu buah frase lagu atau menentukan birama satu lagu.

4.    Penganak
Penganak terbuat dari lembaran kuningan yang dibentuk seperti gung hanya ukurannya jauh lebih kecil dari gung. Fungsinya dalam ansamble musik adalah mengakhiri satu tanda ritmis dalam lagu.


5.    Gendang
Gendang terbuat dari kayu yang dibentuk dan mempunyai lobang pada sisi atas, bawah kayu, dan lobang tersebut ditutup dengan kulit napuh (sejenis kancil), dan diregang dengan kulit  lembu yang sudah di bentuk. Gendang berfungsi sebagai pengiring melodi jadi dia hanya membuat satu siklus ritmik.  Dalam ansamble musik gendang telu sedalanen lima sada perarih  ada dua genang dipakai disana yaitu : gendang anak dan gendang indung. Pemukul atau stik yang dibentuk dari akar jeruk purut. Dua buah pemukul yang sama besar untuk gendang anak dan dua buah yang tidak sama besar untuk gendang indung. Untuk gendang anak ada lagi ditambah satu buah gendang garantung namanya diletakkan di badan gendang anak. Tugas gendang anak memberikan ritmik dasar pada permainan lagu dan kesetabilan lagu agar jangan lambat dan jangan terlalu cepat, diatur semuanya oleh gendang anak. Sedangkan Gendang indung berusaha sebanyak mungkin pukulan untuk memberikan bunga bunga pukulan (improvisasi).


6.    Gendang Pendua-nduai
Alat musik gendang pendua duai ini terbuat dari seruas bambu dan mempunyai bilah-bilah yang terbuat dari badan bambu itu sendiri. Gendang ini digunakan oleh orang yang menjaga tanamannya di ladang supaya jangan dimakan binatang penggangu seperti : babi hutan, dan dimainkan alat musik ini sebagai pengiring nyanyian.



0 komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates